Situs Domino Terpercaya

Beberapa Cita Rasa Sate Nusantara Diindonesia

BERKAHPOKER Kalian pasti tidak asing dengan makanan lezat bernama sate, ‘kan? Sate adalah makanan dari Indonesia berupa daging yang ditusuk kemudian dibakar dan diberi bumbu. Daging sate bisa dari ayam, kambing, sapi, hingga bekicot. Konon katanya asal sate terinspirasi dari olahan daging kebab Turki dan Arab, yang kemudian resepnya dibawa ke Asia Tenggara termasuk Indonesia oleh saudagar muslim Tamil dan Gujarat.

Sate di Indonesia tidak hanya satu macam, sabut saja sate buntel Solo, sate madura, sate ponorogo, sate padang, sate klathak Yogyakarta, sate lilit Bali, hingga sate bekicot Kediri, semua sate tersebut memiliki cita rasa khas, bumbu yang berbeda, dan makanan pendamping yang tidak sama.

Di antara banyaknya macam sate, terdapat dua sate asal Jawa Timur yang sudah terkenal seantero Indonesia, yaitu sate madura dan ponorogo. Tentunya kalian sering bukan menjumpai dua jenis sate ini? Sama-sama bercita rasa khas dan lezat, kedua sate ini punya beberapa perbedaan, lho! Apa saja perbedaan dua sate ini? Simak artikel berikut ini, ya!

1. Asal daerah

Walaupun sama dari Jawa Timur, kedua sate ini memiliki asal daerah yang berbeda yaitu Ponorogo dan Madura, sesuai dengan namanya. Namun, kedua sate ini sudah tersebar dan terkenal di daerah-daerah di Indonesia sehingga tak perlu repot-repot mencari dua kuliner lezat ini. Pastinya kalian sudah pernah memakan salah satu atau bahkan kedua sate ini, bukan?

2. Bentuk sate

Bentuk potongan daging ayam dari kedua sate ini memiliki perbedaan mencolok. Sate madura memiliki potongan kotak-kotak, dan di antara dagingnya biasanya ada kulit, dan gajih yang gurih sedangkan sate ponorogo memiliki potongan seperti fillet daging yang memanjang selain itu dalam tusukan sate ponorogo, biasanya terdapat jeroan dan kulit juga.

3. Cara pembuatan

Rasa kedua sate yang lezat dan khas ini tentu tidak lepas dari cara pembuatannya, keduanya memiliki cara pembuatan yang berbeda, lho. Pada sate ponorogo, setelah daging ayam ditusukkan ke tusukan, sate direndam dalam campuran bumbu terlebih dahulu agar bumbu meresap ke dalam daging yang membuat cita rasa gurih di dalam daging. AGEN POKER TERPERCAYA

Bumbu rendaman dapat terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jinten, gula, garam, laos, ketumbar, dan beberapa rempah lainnya. Tak ayal rasa ayamnya saja kaya rempah, ya. Setelah dilumuri bumbu barulah sate ponorogo siap dibakar.

Nah, untuk sate madura, sebelum dibakar, sate akan diolesi bumbu kacang dan kecap manis terlebih dahulu, dan ketika dibakar akan menimbulkan bau sedap yang gurih dan manis, kebayangkan harumnya aroma sedap dari sate madura?

4. Saus sate

Salah satu komponen yang tak dapat terpisahkan dari dua sate ini adalah sausnya. Setelah sate matang, sate akan diguyur saus yang manis dan gurih. Baik sate ponorogo ataupun madura yang sering kita temui, memakai saus kacang sebagai pelengkapnya, namun di Madura sendiri, saus untuk sate madura terdiri atas campuran petis, kemiri, dan kecap.

Sedangkan untuk sate ponorogo, saus kacangnya terbuat dari kacang tanah, kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, gula merah, dan lainnya. Dua-duanya maknyus!

5. Makanan pendamping

Baik sate ponorogo maupun sate madura biasanya akan disajikan dengan irisan lontong, saus kacang, dan sambal. Biasanya, untuk sate madura, ditambahkan dengan irisan bawang merah untuk menambah rasa dan kesegaran sate, selain itu beberapa penjual sate madura juga menyediakan soto madura sebagai makanan pendamping. Yummy!

Nah, itulah lima perbedaan sate ponorogo dan madura, serupa tapi tak sama, tapi sama-sama lezat dan nikmat. Mana nih, sate andalan kalian? AGEN POKER ONLINE

Situs Domino Terpercaya

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *