Beberapa Fakta Menarik Tentang Elang Si Pemburu Ular Bido Yang Gesit

BERKAHPOKER Banyaknya burung yang terbang melintas di langit Indonesia rasanya menjadi bukti bahwa kekayaan hayati negara ini tidak ada habisnya untuk dibahas. Salah satu dari ribuan spesies burung tersebut adalah elang.

Terdapat banyak jenis elang yang bisa ditemukan di Indonesia. Salah satu spesies yang menarik untuk dibahas adalah elang-ular bido (Spilornis cheela). Burung yang satu ini punya beberapa keistimewaan jika dibandingkan saudaranya yang lain.

Selain itu, statusnya sebagai predator puncak di alam juga menjadi hal menarik untuk diulik. Semakin penasaran, kan? Yuk, langsung simak berikut ini!

1. Bentuk tubuh yang sangat gagah

Elang-ular bido masuk ke dalam kategori elang berukuran sedang. Panjang tubuhnya berkisar antara 65-75 cm dengan bobot 420 gram sampai 1,8 kg. Selain itu, rentang sayapnya mampu mencapai panjang 123-155 cm, lho.

Tak hanya itu, warna bulu mereka berasal dari perpaduan warna kehitaman di bagian atas hingga sekitar lehernya dan cokelat terang dengan bintik-bintik putih di bagian perutnya. Selain itu, pada bagian wajah hingga paruhnya memiliki warna kuning kecokelatan sehingga menambah kesan gagah dari burung ini.

2. Spesialis pemburu reptil, khususnya ular

Keluarga elang adalah predator puncak yang memiliki berbagai variasi hewan buruan sesuai tempat di mana mereka tinggal. Elang-ular bido sebenarnya termasuk predator yang adaptif kalau soal hewan buruan. Mereka bisa berburu mamalia kecil, burung lain, hingga monyet.

Meskipun begitu, mereka merupakan spesialis pemburu reptil. Salah satu reptil favoritnya adalah ular, sesuai dengan nama mereka. Kerennya lagi, elang ini dapat berburu ular berbisa tanpa perlu khawatir akan racun dari buruannya tersebut.

3. Kecepatan dalam berburu membuatnya tak perlu khawatir bisa ular

Seperti yang sudah disebutkan di atas, elang-ular bido mampu berburu ular berbisa tanpa perlu khawatir terkena racunnya. Hal ini dapat mereka lakukan berkat kecepatan yang luar biasa ketika berburu. AGEN POKER TERPERCAYA

Bahwa elang-ular bido akan bertengger ataupun terbang mengelilingi mangsanya dalam waktu yang cukup lama sebelum akhirnya menerjang dengan sangat cepat dan tepat di bagian vitalnya. Hal ini berguna untuk menghindari serangan balik dari ular sehingga ia dapat menghindari gigitan yang fatal.

4. Punya ritual unik sebelum kawin

Pasangan elang-ular bido merupakan salah satu pasangan hewan yang terbaik dalam hal kebersamaannya. Mereka membangun sarang bersama, bekerja sama dalam menjaga telurnya, hingga membuat ritual unik sebelum kawin.

Ritual kawin dari elang-ular bido dilakukan dengan cara menukik tajam di udara secara bersama-sama serta saling mengangkat bulu di area leher dan ekornya. Selain itu, pasangan ini juga cukup komunikatif dengan berbagai variasi suara vokal yang khas bagi satu sama lain.

5. Peta persebaran elang-ular bido sangat luas

Salah satu hal yang patut disyukuri dari keberadaan elang-ular bido adalah peta persebarannya yang cukup luas. Mereka tersebar di hampir seluruh Asia Tenggara dan sebagian India-Nepal, tepatnya di sekitar kaki pegunungan yang memiliki vegetasi tebal.

Saking luasnya persebaran dari elang-ular bido, mereka bahkan memiliki 21 subspesies berbeda dengan berbagai ukuran. Salah satu tempat di Indonesia di mana kita bisa menjumpai mereka secara alami adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, Jawa, dan Bali.

Nah, itu dia lima fakta menarik dari elang-ular bido, si pemburu ular yang sangat gesit. Beruntungnya, kamu gak perlu pergi jauh-jauh untuk melihat mereka, lho. Elang ini dapat dengan mudah kamu jumpai di beberapa kebun binatang di Indonesia. Tertarik untuk melihatnya secara langsung? AGEN POKER ONLINE

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *