Beberapa Hal Mengucek Mata Bisa Mengakibatkan Infeksi Mata

BERKAHPOKER Bila kamu memiliki alergi atau pekerjaanmu mengharuskan untuk menatap layar komputer dalam jangka waktu lama, mengucek mata adalah hal yang melegakan. Ini memang memiliki efek terapeutik, yang mana mengucek mata merangsang saraf vagus yang dapat memperlambat detak jantung dan meredakan stres.

Sayangnya, di balik kebiasaan tersebut terdapat risiko bagi kesehatan mata, seperti meningkatkan risiko infeksi atau memperburuk kondisi yang telat ada. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak apa saja bahaya yang mengintai dari kebiasaan yang satu ini.

1. Menyebabkan timbulnya penyakit mata serius

Kebiasaan menggosok atau mengucek mata secara kronis dapat mengakibatkan melemahnya kornea dan distorsi kornea yang disebut keratokonus.

Keratokonus adalah kondisi saat kornea menipis dan perlahan menonjol keluar seperti kerucut. Bila kebiasaan ini terus berlanjut dan kerusakan yang terjadi cukup parah, kemungkinan seseorang akan membutuhkan transplantasi kornea.

2. Kemungkinan kamu bisa menggaruk kornea matamu sendiri

Adanya benda asing di mata, misalnya bulu mata atau debu tentu bikin tak nyaman dan banyak orang yang langsung mengucek mata saat ini terjadi. Namun, ini malah bisa memperburuk kondisi. Ini bisa membuat kornea tergores, kondisi yang umum terjadi yang biasanya bisa sembuh dalam 1-2 hari, tetapi bila tidak ditangani dapat menyebabkan ulkus kornea (luka terbuka kornea yang paling sering terjadi akibat infeksi).

Gejala yang perlu diwaspadai antara lain:

  • Mata merah dan berair
  • Gatal
  • Bintik putih di kornea
  • Pandangan kabur
  • Terasa seperti ada yang mengganjal di mata
  • Mata terasa sangat sakit
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Bengkak di kelopak mata
  • Mata mengeluarkan nanah

3. Bisa memperburuk glaukoma

Glaukoma adalah kondisi kerusakan saraf mata karena meningkatnya tekanan pada bola mata. Penyakit mata ini sering kali merupakan akibat dari peningkatan tekanan di dalam mata, dikenal sebagai tekanan intraokular. Tekanan ini bisa merusak saraf mata dan perlahan menyebabkan hilangnya penglihatan. AGEN POKER TERPERCAYA

Mengucek mata bisa meningkatkan tekanan di dalam mata. Untuk pasien glaukoma yang menjalani perawatan, Glaucoma Research Foundation menyarankan untuk menghindari mengucek mata bahkan bila pengobatan menimbulkan efek samping mata gatal atau penglihatan kabur.

4. Memperburuk kondisi rabun jauh

kebiasaan menggosok mata bisa berbahaya pada orang-orang dengan kondisi mata tertentu yang sudah ada sebelumnya. Orang dengan miopia progresif, yaitu miopia yang bertambah terus pada usia dewasa akibat bertambah panjangnya bola mata, mungkin akan mengalami perburukan pada penglihatan mereka.

Hampir 9,6 juta orang mengalami miopia tinggi dan penglihatan mereka cenderung memburuk seiring waktu.

5. Bisa terkena infeksi

Tangan merupakan area yang lebih dipenuhi kuman daripada bagian tubuh lainnya. Saat kamu mengucek mata, kuman dan partikel kecil yang ada di tangan bisa berpindah ke kornea, yang dapat menyebabkan iritasi dan infeksi mata seperti konjungtivitis.

Konjungtivitis atau pink eye adalah peradangan pada konjungtiva, yaitu selaput bening yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata.

Rajin cuci tangan pun tidak menjamin tanganmu bebas kuman sepanjang hari. Jadi, untuk meminimalkan risiko ini, berhentilah dari kebiasaan buruk mengucek mata, tak peduli seberapa sering kamu membersihkan tangan setiap harinya.

6. Menimbulkan lingkaran hitam di mata

Lingkaran hitam di bawah mata juga bisa terjadi seiring waktu bila kamu sering mengucek mata. Kebiasaan ini dapat menyebabkan pembuluh darah di kelopak mata pecah dan mengeluarkan darah. Akibatnya, darah menggenang di bawah kulit dan menciptakan lingkaran hitam. Saat lingkaran hitam muncul, mungkin akan sulit untuk menghilangkannya secara efektif.

Itulah beberapa bahaya yang mengintai di balik kebiasaan mengucek mata. Cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Daripada mengucek mata, kamu bisa menggunakan larutan pembersih mata bila merasa mata gatal, kompres mata dengan air hangat, atau pijat lembut area sekitar mata dengan perlahan. Bila mengalami gangguan pada mata atau penglihatan, sebaiknya segera buat janji temu dengan dokter. AGEN POKER ONLINE

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *