Situs Domino Terpercaya

Beberapa Infeksi Kulit Yang Mesti Diwaspadai

BERKAHPOKER Jamur hidup di mana-mana. Mereka dapat ditemukan di tumbuhan, tanah, bahkan ada juga beberapa jamur yang secara alami terdapat di kulit. Seperti banyak mikroba, ada jamur yang bermanfaat, ada pula yang berbahaya. Bila jamur jahat menyerang, kita bisa mengalami infeksi kulit.

Berikut ini adalah beberapa infeksi kulit akibat jamur yang umum terjadi agar kamu bisa mewaspadainya. Baca sampai habis, ya!

1. Tinea corporis

Tinea corporis, juga dikenal sebagai ringworm atau awam menyebutnya kurap, adalah infeksi kulit akibat jamur yang hidup di jaringan mati, seperti kulit, rambut, dan kuku.

Ciri-ciri dari infeksi kulit ini di antaranya:

  • Area yang ditandai dengan munculnya gejala bersisik berwarna merah di permukaan kulit
  • Ruam bisa meluas secara melingkar menyerupai cincin
  • Bisa muncul di tangan, kaki, wajah, dan tubuh. Bila muncul di kaki, kurap bisa menimbulkan bau kaki

Kurap adalah infeksi jamur di kulit yang umum terjadi dan sangat menular. Pengobatan biasanya dilakukan dengan pemberian krim antijamur.

2. Tinea pedis

Tinea pedis, atau dikenal dengan athlete’s foot atau awam mengenalnya sebagai kutu air, adalah infeksi jamur yang bisa berdampak pada kulit kaki, biasanya di area kulit antara jari kaki.

Gejala umumnya berupa:

  • Gatal, sensasi terbakar atau tersengat di antara jari kaki dan telapak kaki yang terilhat merah, bersisik, dan kering
  • Kulit pecah-pecah atau melepuh
  • Pada beberapa kasus, infeksi bisa menyebar ke area kulit lainnya, termasuk kuku, selangkangan, atau tangan (tinea manuum)

Dokter biasanya akan meresepkan obat-obatan antijamur untuk dioleskan ke kulit, atau pada beberapa kasus obat antijamur oral. Selain itu, penderitanya harus menjaga kaki tetap bersih dan kering.

3. Tinea cruris

Tinea cruris yang juga dikenal sebagai jock itch ini adalah infeksi jamur pada kulit yang terjadi di area selangkangan dan paha. Inilah kenapa penyakit kulit yang satu ini juga dikenal sebagai kurap di selangkangan. Kondisi ini umum dialami laki-laki dewasa dan remaja. AGEN POKER TERPERCAYA

Gejala utama infeksi kulit ini adalah ruam merah yang gatal, biasanya dimulai di area selangkangan atau paha bagian atas. Ruam bisa memburuk setelah berolahraga atau aktivitas fisik lainnya dan bisa menyebar ke bokong dan perut.

Kebanyakan kasus tinea cruris bisa diobati dengan pengobatan antijamur yang dijual bebas. Selain itu, kamu juga disarankan untuk menjaga kulit di area yang terinfeksi tetap kering dan bersih serta rajin mengganti celana dalam. Pada kasus yang parah, dokter mungkin akan meresepkan krim tertentu.

4. Tinea capitis

Tinea capitis adalah infeksi jamur dermatofit yang menyerang kulit kepala dan batang rambut, dan kondisi ini bisa menular.

Infeksi ini paling sering dialami anak-anak, terutama usia 3-14 tahun, dan perlu pengobatan oral resep dokter dan sampo antijamur. Gejalanya bisa meliputi:

  • Bercak botak terlokalisasi yang mungkin tampak bersisik atau merah
  • Terdapat pola pustula (bernanah) berkerak dalam satu lokasi atau menyebar
  • Ada titik hitam yang merupakan tanda kerontokan rambut dari kulit kepala yang bersisik

Kondisi ini bisa dengan mudah diobati dengan obat antijamur dan rambut yang rontok bisa tumbuh kembali.

5. Tinea versicolor

inea versicolor atau pityriasis Versicolor atau di sini kita sering menyebutnya sebagai panu adalah infeksi jamur pada kulit yang menyebabkan bercak kecil berbentuk oval pada kulit. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jenis jamur tertentu yang disebut Malassezia, yang secara alami terdapat pada kulit sekitar 90 persen orang dewasa.

Gejala khas panu di antaranya:

  • Kulit kering dan bersisik
  • Gatal
  • Makin terlihat saat berjemur, karena ragi jamur menghambat proses tanning
  • Rentan menghilang saat cuaca lebih dingin dan tidak begitu lembap
  • Muncul secara perlahan
  • Pada orang berkulit gelap, ini bisa membuat kehilangan warna kulit (hipopigmentasi)
  • Pada orang berkulit terang, kulit yang terinfeksi jamur bisa menggelap (hiperpigmentasi)

Meski begitu, beberapa orang yang terkena panu tidak mengalami perubahan warna kulit secara berarti.

Panu paling sering terjadi di punggung, dada, dan lengan atas, serta lebih mungkin terjadi selama musim panas atau di daerah dengan iklim basah yang hangat.

Kondisi ini juga bisa dengan mudah diatasi dengan obat antijamur. AGEN POKER ONLINE

Situs Domino Terpercaya

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *