Beberapa Manfaat Sayuran Kaya Manfaat Untuk kesehatan

BERKAHPOKER Sayuran akar adalah tanaman yang dapat dimakan yang tumbuh di bawah tanah. Sayuran akar banyak dijadikan bagian dari diet karena memang memiliki rasa yang lezat. Namun, selain lezat, beberapa sayuran akar juga padat nutrisi dan dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang unik.

Di bawah ini akan dijelaskan daftar sayuran akar yang sehat beserta manfaatnya.

1. Wortel

Wortel adalah sayuran akar berwarna oranye dan sangat tinggi akan kandungan vitamin A karotenoid. Karotenoid ini termasuk antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Ophthalmology menunjukkan lutein dan zeaxanthin dapat membantu melindungi dari penyakit mata terkait usia. Meskipun gagasan makan wortel bisa memperbaiki penglihatan yang rabun masih kontroversial, namun manfaat karotenoidnya bagi mata bisa jadi adalah alasan yang baik untuk memakannya.

2. Bawang putih

Bawang putih adalah sayuran akar yang masuk dalam genus Allium dan berkerabat dekat dengan bawang bombay, daun bawang, daun bawang, dan bawang merah. Setiap porsi bawang putih menawarkan sejumlah nutrisi penting, termasuk mangan, vitamin B6 dan vitamin C. Bawang putih juga sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk memperkuat rasa sup, saus, lauk pauk, dan berbagai hidangan utama.

Ditambah, bawang putih dikenal akan manfaat obatnya, yang sebagian besar dikaitkan dengan senyawa allicin, yang dilepaskan ketika siung bawang putih dihancurkan, dikunyah atau dicincang.

Pharmaceutical Sciences menemukan bahwa bawang putih dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total dan trigliserida.

3. Kunyit

Kunyit adalah sayuran akar yang termasuk dalam keluarga tanaman yang sama dengan jahe dan kapulaga. Sayuran akar ini sering digiling menjadi bumbu, yang digunakan untuk menambahkan warna, rasa, dan manfaat kesehatan untuk banyak hidangan. AGEN POKER TERPERCAYA

Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang dikaitkan dengan pencegahan pembekuan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi penanda peradangan. Selain itu penelitian pada manusia yang dipublikasikan dalam Phytotherapy Research juga menunjukkan bahwa kurkumin dapat mengurangi nyeri sendi, menstabilkan kadar gula darah, dan mengurangi gejala depresi.

4. Lobak

Lobak mungkin memiliki ukuran yang kecil, namun sayuran akar ini penuh dengan nutrisi. Lobak rendah karbohidrat dan kalori namun mengandung serat dan vitamin C dalam jumlah yang baik.

Lobak juga memiliki sifat antijamur dan efektif melawan beberapa jenis jamur, Lobak sangat bagus untuk menambahkan kerenyahan ke makanan atau camilan. Coba tambahkan irisan lobak ke sandwich, salad, atau taco untuk memberi menambahkan kerenyahan sekaligus peningkatan gizi pada hidangan.

5. Jahe

Jahe adalah tanaman berbunga dari Cina yang berkerabat dekat dengan sayuran akar lainnya, seperti kunyit. Jahe sarat akan antioksidan, termasuk senyawa spesifik yang disebut gingerol, yang telah dikaitkan dengan banyaknya manfaat kesehatan.

Jahe dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, meredakan nyeri haid, dan mengurangi gejala pada orang dengan osteoartritis. Selain itu, jahe merupakan tambahan yang bagus untuk teh, sup, dan smoothie, serta dapat memberikan rasa yang kuat pada hampir semua hidangan.

Ada banyak sayuran akar yang bergizi dan lezat serta masing-masing memiliki manfaat kesehatan yang unik. Untuk hasil terbaik, gabungkan sayuran akar ini dengan berbagai bahan kaya nutrisi lainnya untuk membantu mengoptimalkan diet dan kesehatan. AGEN POKER ONLINE

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *