Inilah Khasiat Teh Rooibos Untuk Kesehatan Dan Mencegah Penuan

BERKAHPOKER Rooibos adalah salah satu jenis teh populer yang banyak dikonsumsi. Seperti teh lainnya, teh ini juga menyimpan beberapa manfaat bagi kesehatan.

Teh rooibos telah dikonsumsi di daerah pegunungan Cedarberg di Afrika Selatan selama lebih dari 300 tahun. Tanaman rooibos (Aspalathus linearis) ini pertama kali dicatat oleh ahli botani pada tahun 1772 setelah mereka menikmati minuman dengan rasa manis yang ditawarkan oleh penduduk setempat.

Teh dibuat dengan memotong dan mememarkan daun dan batang tanaman, difermentasi, lalu dikeringkan di bawah sinar matahari—suatu proses yang mengubah warna daun menjadi cokelat kemerahan.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 1930-an dan tehnya sendiri sudah diekspor ke lebih dari 31 negara, termasuk Inggris, Jerman, Tiongkok, Jepang, dan Amerika Serikat. Di Indonesia peminatnya pun tak sedikit.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan teh rooibos yang bisa kamu dapat.

1. Memiliki sifat antiinflamasi

Teh rooibos ditemukan dapat menurunkan peradangan, yang mana ini bisa membantu orang-orang dengan jerawat dan nyeri, serta mungkin bisa menguntungkan untuk orang-orang dengan kondisi autoimun seperti artritis reumatoid.

Kandungan antioksidan dalam teh rooibos mungkin dapat membantu melawan stres yang berkaitan dengan radikal bebas, yang mana ini berperan dalam penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan penyakit Huntington. Meski begitu, butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat ini terhadap manusia.

2. Menawarkan antihistamin alami

Teh rooibos diketahui kaya akan bioflavonoid yang menyehatkan seperti kuersetin, pigmen tanaman yang ditemukan pada sebagian besar bawang, buah beri, ceri, brokoli, dan sitrus. Senyawa tersebut bisa memblokir pelepasan histamin yang dapat menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat, mata berair, dan rinitis alergi.

Kuersetin dapat memblokir sel mast (bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang bereaksi ketika terdapat benda asing atau kuman yang masuk ke dalam tubuh) melepaskan histamin.

3. Membantu melawan penuaan dini

Peradangan diketahui dapat meningkatkan banyak proses kerusakan pada kulit, terutama pembentukan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini dan bahkan, seiring waktu, dapat menyebabkan kanker kulit.

Nah, melakukan langkah pencegahan dan penanganan peradangan ini bisa membantu kulit dalam mengoptimalkan proses alami perbaikan dan peremajaan, sehingga proses penuaan bisa diperlambat. Kamu tentu ingin tampak awet muda, kan?

Teh rooibos, khususnya rooibos hijau, mungkin dapat membantu melawan penuaan.

Khasiat ini dikatakan berasal dari kandungan antioksidan dalam teh yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Bila teh rooibos diaplikasikan secara topikal (oles), mungkin dapat memperbaiki penampilan kulit dengan cara mengurangi kerutan, berdasarkan beberapa penelitian. AGEN POKER TERPERCAYA

Cosmetic Science tahun 2010 membandingkan campuran kosmetik yang terbuat dari ekstrak herbal dalam bentuk gel. Ekstrak yang dipakai adalah ginkgo, kedelai, serta campuran teh dan rooibos.

Tim peneliti menemukan bahwa campuran teh dan rooibos adalah yang paling efektif dalam mengurangi kerutan, sementara ginkgo ditemukan paling baik untuk melembapkan kulit.

Meski demikian, hanya dengan meminum teh rooibos tidak akan dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan kulit yang nyata.

4. Bisa bantu mengendalikan berat badan

Khasiat teh rooibos bukan hanya meningkatkan imun tubuh hingga menjaga kulit tetap sehat, tetapi juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Selain kandungan kalorinya yang rendah (sekitar 2,5 kalori porsi satu cangkir), ada klaim bahwa meminum teh ini dapat membantu melawan rasa lapar di antara waktu makan.

Phytomedicine tahun 2014 mengamati sel lemak yang ditumbuhkan di laboratorium. Didapat hasil bahwa teh rooibos yang difermentasi dapat meningkatkan kadar leptin, hormon yang mengirimkan sinyal ke otak bahwa kamu sudah merasa kenyang.

Secara alami memiliki rasa madu dan manis, teh rooibos juga dapat membantu memuaskan keinginan makan dan dapat menjadi pengganti yang baik untuk minuman manis.

5. Bisa membantu mengontrol gula darah

Teh rooibos adalah satu-satunya sumber alami antioksidan aspalathin.

Satu studi terhadap tikus dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa aspalathin dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi resistansi insulin, yang mana ini bisa berpotensi baik untuk menjadi salah satu penanganan pada orang-orang dengan diabetes tipe 2 atau yang berisiko.masih dibutuhkan lebih lanjut akan khasiat ini terhadap manusia.

Senyawa tertentu dalam teh rooibos dapat menstimulasi produksi hormon estrogen. Beberapa sumber menyarankan agar orang-orang dengan kondisi sensitif hormon, seperti kanker payudara, sebaiknya menghindari jenis teh seperti ini. Meski begitu, efek ini sangat ringan dan kemungkinan besar perlu mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak untuk merasakan efeknya.

Itulah beberapa potensi manfaat menyehatkan dari teh rooibos beserta potensi efek sampingnya. Bagaimana, tertarik untuk mengonsumsinya secara rutin? AGEN POKER ONLINE

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *