Situs Domino Terpercaya

Keunikan Burung Kenari Jika Dipelihara Meski Kita Tau Beberapa Faktor Kekurangan Dan Kelebihannya

BERKAHPOKER Banyak orang memelihara burung karena ingin mendengarkan kicauannya yang merdu setiap hari. Salah satu burung kicau yang paling banyak dipelihara adalah burung kenari (Serinus canaria domestica). Burung dengan bulu berwarna kuning ini disukai karena ukurannya yang mungil, low maintenance dan kicauannya yang indah.

Sebelum memelihara burung kenari, ada pengetahuan dasar yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Coba terapkan supaya burung kenarimu sehat dan berumur panjang!

1. Burung kenari adalah hewan yang soliter

Sebagai hewan yang soliter, burung kenari jantan akan menikmati waktunya untuk berkicau sepuasnya. Karena sifatnya yang teritorial, burung kenari tidak cocok dipelihara bersama-sama dalam kandang yang besar dengan pejantan lain, saran laman Pet Central.

Tetapi, kamu bisa memelihara dua burung kenari jantan bersamaan. Taruh berdekatan di dua sangkar yang berbeda, namun jangan sampai terlihat. Mereka akan berkicau merdu bersahut-sahutan, seolah berada dalam kompetisi kicau burung, ujar laman Petland.

2. Jauhkan sangkar dari paparan sinar matahari langsung

Sangkar terbaik untuk burung kenari adalah yang luas dan tinggi. Sangkar yang besar akan memberi banyak ruang untuk terbang, hinggap dan tidur, ungkap laman Petland. Taruh sangkar di dalam ruangan, dekat jendela dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Saat matahari terbenam, tutup sangkar dengan kain, supaya burung bisa tidur dan singkapkan saat matahari terbit. Suhu ruangan terbaik untuk memelihara burung kenari adalah 18-21°C. Apabila suhu terlalu panas, burung kenari akan gelisah dan tak nyaman.

3. Biji-bijian adalah makanan utamanya

Jika ingin burung kenarimu hidup panjang, perhatikan makanannya. Kenari adalah burung pemakan biji-bijian, bukan serangga. Tiuplah untuk memastikan biji-bijian pada wadahnya sudah habis. Sekam kosong akan terbang dan biji utuh akan tetap di tempatnya. AGEN POKER TERPERCAYA

Burung kenari membutuhkan 12 persen protein dari keseluruhan menu makanannya. Oleh karena itu, beri telur rebus yang ditumbuk dan campur dengan remah roti kering agar tidak terlalu lembek, saran laman Petland. Bisa juga diberi buah dan sayur dalam porsi kecil.

4. Latih burung kenari waktu masih berusia muda

Burung kenari bisa berada di dekat manusia, tetapi juga tidak masalah ditinggalkan sendirian. Kita bisa melatih burung kenari untuk hinggap di tangan, pindah ke tempat bertengger atau bahkan terbang di sekitar ruangan di dalam rumah.

burung kenari berusia muda lebih gampang dilatih. Siapkan kesabaran dan latihan yang konsisten untuk melatih burung kenari. Burung ini cukup cerdas dan bisa memahami perintah yang kita ajarkan.

5. Siapkan wadah berisi air untuk tempat mandi

Mungkin kamu belum tahu, tetapi burung kenari perlu mandi, setidaknya sekali dalam seminggu, jelas laman Bird Poet. Siapkan wadah kecil berisi air bersih lalu biarkan burung mandi sendiri. Agar tak kedinginan, sesi mandi lebih baik dilakukan di pagi hari.

Burung kenari biasanya mandi dengan durasi setengah jam. Setelah mandi, letakkan sangkar dan angin-anginkan supaya kering. Jangan lupa ambil kembali wadah berisi air untuk mencegah burung kenari tenggelam secara tidak sengaja.

6. Jangan lupa membersihkan kandangnya secara rutin

Kunci agar burung peliharaan tetap sehat dan berumur panjang adalah menjaga kebersihan sangkar. Seberapa sering sangkar dibersihkan bergantung pada ukuran sangkar dan berapa banyak burung yang tinggal di dalamnya, saran laman Pet Mate.

Setidaknya, bersihkan sangkar 3-7 hari sekali. Pindahkan burung ke sangkar lain, lalu mulai bersihkan alas sangkar dari kotoran dan sisa biji yang berjatuhan. Selain itu, bersihkan wadah makanan dan minuman serta kayu tempatnya bertengger.

7. Waspadai bila ada tanda-tanda penyakit

Pemicu utama burung kenari sakit adalah sangkar yang kurang bersih. Di dalam sangkar yang kotor, terdapat virus, jamur dan bakteri yang rentan mengancam nyawa kenari, jelas laman The Spruce Pets. Burung yang sakit akan cepat kehilangan berat badan dan mati.

Penyakit yang umum dialami kenari adalah kolera, difteri, TBC, kandidiasis, klamidia hingga infeksi ragi lambung. Dan yang t erpenting, jangan merokok di sekitar burung kenari karena mereka sensitif dengan kualitas udara.

Nah, itulah pengetahuan dasar yang perlu diketahui sebelum memelihara burung kenari. Sudah siap untuk mulai memelihara? AGEN POKER ONLINE

Situs Domino Terpercaya

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *