Muncul Seekor Harimau Sumatera Di Pendakian Bukit Barisan

Muncul Seekor Harimau Sumatera Di Pendakian Bukit Barisan

Muncul Seekor Harimau Sumatera Di Pendakian Bukit Barisan

BERKAHPOKER Seekor Harimau Sumatera dikabarkan muncul di kawasan pendakian Gunung Sibayak, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo.

Informasi yang didapat, kemunculan hewan dengan nama latin panthera tigris sumatrae ini terlihat oleh beberapa orang yang kebetulan sedang melintas di kawasan tersebut.

Ketika ditanya perihal kabar ini, Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan Ir Ramlan Barus, membenarkan hal tersebut.

Bahkan, dirinya mengatakan dalam rentan waktu satu bulan terakhir pihaknya sudah menerima sebanyak tiga kali laporan tentang penampakan hewan yang dilindungi ini.

Ramlan menjelaskan, untuk pertama kali penampakan kemunculan harimau ini dilihat oleh seorang petugasnya yang sedang berada di kawasan pos masuk pendakian pada tanggal 29 Agustus lalu.

Informasi awal itu, pertama kali yang melihat keberadaan harimau itu petugas kita yang ada di sekitar jalur pendakian pada tanggal 29 Agustus lalu, sekira pukul 11.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB,” ujar Ramlan, saat ditemui di UPT Pengelolaan Tahura Bukit Barisan, Jalan Jamin Ginting, Berastagi, Rabu (14/10/2020).

Kemudian, berselang satu hari selanjutnya pada tanggal 30 Agustus seorang warga Desa Gongsol kembali melihat keberadaan harimau tersebut.AGEN POKER TERPERCAYA

Dirinya menyebutkan, berdasarkan pengakuan warga bermarga Sembiring itu ia melihat harimau berada di jarang 25 hingga 30 meter tempatnya berada di seberang aliran sungai.

“Kemudaian penampakan kedua terlihat oleh masyarakat yang sering masuk ke hutan untuk mencari tanaman obat, ketemu langsung di seberang sungai sekitar jarang 25 hingga 30 meter,” ucapnya.

Kemudian, berselang satu bulan tepatnya pada tanggal 30 September kemarin pihaknya juga mendapatkan laporan penampakan harimau di kawasan Tahura dari pengunjung yang kebetulan melintas di kawasan tersebut.

Dirinya menyebutkan, saat itu pengunjung yang melaporkan hal tersebut berniat untuk menuju ke lokasi pemandian air panas yang berada di Desa Semangat Gunung.

Diketahui, dari ketiga orang yang sempat melihat kemunculan hewan ini yaitu petugas dari UPT Pengelolaan Tahura Bukit Barisan Nanda Syahputra Ginting.

Ketika ditanya perihal kronologis penampakan hewan buas ini, dirinya mengaku awalnya ia sedang berada di pos pintu masuk jalur pendakian.

Ketika itu, dirinya awalnya diberitahukan oleh rekannya yang juga berada di lokasi tersebut jika ada seekor hewan yang diduga harimau yang melintas sekitar 50 meter dari lokasinya.

Dirinya menyebutkan, saat itu dirinya melihat hewan dengan corak belang itu melintas dari kawasan hutan Desa Semangat Gunung, menuju kawasan hutan yang berbatasan dengan Kecamatan Deliserdang.

Jadi saya pas di pos, terus kawan saya bilang ada harimau lewat. Pas saya lihat, harimaunya nyeberang dari Semangat Gunung ke hutan yang di seberangnya,” katanya.

Nanda menjelaskan, saat itu dirinya belum berani untuk melaporkan hal tersebut ke pimpinannya karena bisa jadi saat itu ia salah lihat.

Namun ternyata sehari setelahnya, ia mendapatkan laporan dari warga yang sedang mencari tanaman obat juga melihat hewan serupa di kawasan hutan tempat terakhir ia melihat harimau tersebut.

Ya awalnya belum berani saya informasikan takutnya salah, tapi besoknya warga bilang juga sempat lihat harimau pas mencari tanaman obat,” katanya.

Informasi yang didapat, sampai saat ini pihak UPT Pengelolaan Tahura Bukit Barisan sudah melaporkan kejadian ini ke Balai Besar Kelestarian Sumber Daya Alam (BBKSDA) wilayah I Sumatera Utara.AGEN POKER ONLINE

Selanjutnya, untuk memastikan keberadaan harimau ini, sudah dilakukan pemasangan kamera trap di lokasi tersebut.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *