Situs Domino Terpercaya

Negara Terbesar Yang Memproduksi Emas Yaitu Tiongkok

BERKAHPOKER Bukan lagi rahasia jika emas adalah aset investasi yang aman atau safe haven, sehingga banyak dimiliki oleh investor sebagai bagian dari portofolio investasi mereka.

Investor setidaknya harus mengalokasikan sekitar 5 persen sampai 15 persen dari portofolio mereka untuk investasi terkait emas atau emas. Ini karena saat nilai aset investasi lain, seperti saham mengalami penurunan, nilai emas cenderung bergerak sebaliknya sehingga mampu menjadi bantalan saat kerugian terjadi dalam investasi instrumen lain.

Namun jika berbicara soal negara mana yang paling banyak memproduksi emas di dunia, kebanyakan orang mungkin tidak tahu bahwa jawabannya adalah Tiongkok.

1. Negara produsen emas terbesar dunia

Tiongkok yang terletak di Benua Asia adalah negara produsen emas terbesar di dunia, di depan Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS). Berdasarkan data Statista, produksi di Tiongkok telah meningkat dari 320 metrik ton pada 2009 menjadi sekitar 380 metrik ton pada 2020.

Namun demikian, produksi emas skala besar negara itu begitu minimal, dengan hanya satu tambang yang memiliki emas lebih dari 300.000 ons, yaitu tambang emas-tembaga Zijinshan di Provinsi Fujan.

2. Produksi emas global

Menurut US Global Investors, emas adalah salah satu elemen paling langka di dunia, yang jumlahnya kira-kira hanya 0,003 bagian per juta kerak bumi. AGEN POKER TERPERCAYA

Pada tahun 2020, produksi emas global mencapai sekitar 3.200 metrik ton, menurut data Statista. Sementara pada 2019, produksi tambang emas global dilaporkan mencapai 3.463,7 ton, turun satu persen dari tahun sebelumnya. Tahun itu juga menandai penurunan output tahunan pertama sejak 2008.

3. Produksi emas Tiongkok menurun pada 2019

Selama bertahun-tahun, Tiongkok telah menjadi negara penghasil teratas, menyumbang 11 persen dari produksi tambang global. Namun, produksi turun dari hampir 400 ton pada 2019, mewakili penurunan tiga tahun berturut-turut.

Tren turun ini sebagian besar disebabkan oleh kebijakan lingkungan yang lebih ketat yang diberlakukan oleh pemerintah. Misalnya, kontrol yang lebih ketat atas penggunaan sianida di tambang emas memaksa beberapa operasi untuk mengurangi produksi.

4. Afrika Selatan negara penghasil emas teratas

Afrika Selatan pernah menjadi negara penghasil emas teratas sejauh ini, menggali lebih dari 1.000 ton pada tahun 1970. Tetapi, produksi tahunannya terus menurun sejak saat itu. Negara ini juga memiliki salah satu perusahaan emas terbesar di dunia, AngloGold Ashanti.

AngloGold Ashanti berkantor pusat di Johannesburg, Afrika Selatan dan didirikan pada tahun 2004. Perusahaan ini menghasilkan pendapatan sebesar 4,3 miliar dolar AS pada 2016. Perusahaan menghasilkan lebih dari 3,6 juta ons emas pada 2016, dengan lebih dari setengahnya diproduksi di Afrika.

5. Posisi Indonesia dalam daftar produsen emas

Dalam daftar produsen emas terbesar di dunia, Indonesia tidak berhasil masuk ke dalam 10 besar sama sekali tahun 2020. Namun demikian Indonesia merupakan negara ke-5 yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia.

Indonesia menempati urutan kelima dalam daftar negara dengan cadangan tambang emas terbesar di dunia dengan total cadangan 2.600 ton. Indonesia memiliki tambang Grasberg Freeport di provinsi Papua, cadangan emas operasional terbesar kedua di dunia dan menghasilkan 2,69 juta ons logam pada 2018.

Negara pertama yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia adalah Australia dengan cadangan tambang emas sebanyak 10.000 ton. AGEN POKER ONLINE

Situs Domino Terpercaya

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *