Presiden RI Jokowi Meninjau Cocok Tanam Bahan Pangan Di Sibolangit

Presiden RI Jokowi Meninjau Cocok Tanam Bahan Pangan Di Sibolangit

Presiden RI Jokowi Meninjau Cocok Tanam Bahan Pangan Di Sibolangit
BERKAHPOKER Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meninjau persiapan kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam rangka peresmian lahan pertanian terpadu atau Food Estate di Kecamatan Pollung.

Pada kunjungan kali ini, Presiden Jokowi akan dijaga super ketat, guna mengantisipasi penularanan wabah Covid-19.

Edy Rahmayadi berharap, masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M, yaitu mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan saat berada di luar.

Kunjungan ini diharapkan sebagai bentuk  upaya pemerintah Sumut bersama dengan pusat, agar dapat menjadikan Humbahas sebagai lokasi dengan konsep agraris.

Edy mengatakan, setelah peresmian ini, dirinya berharap Humbahas dapat menyuplai bahan pangan komoditas ke seluruh Indonesia, terkhusus Sumut.

“Penyediaan kebutuhan beberapa komoditas kita di Sumut masih sedikit bisa dipenuhi dari sini (dalam provinsi).

Untuk Sumut (sendiri) saja masih kurang, belum lagi untuk Sumatera,” kata Edy, yang didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, Senin (26/10/2020).

Mantan Pangkostrad ini mengatakan, pada tahap awal program Food Estate di Humbahas akan ditanami kentang, bawang merah, bawang putih wortel dan lainnya.

Begitu juga kesiapan penyediaan pendukung utama berupa embung guna memenuhi kebutuhan pasokan air.

Dicontohkannya, bahwa komoditas bawang merah masih harus dipasok dari Brebes (Jawa Tengah).

Padahal, menurut Edy, lahan di Sumut cukup subur dan areal yang potensial cukup luas.

Untuk itu dirinya menekankan bahwa langkah ini perlu dimulai dengan menjadikan Humbahas sebagai kawasan dimulainya program Food Estate pemerintah pusat.

“Kita berharap pasokan bawang putih, bawang merah, kentang, wortel selain dari Tanah Karo, itu nanti dari sini. Jadi pusatnya nanti dari sini, karena lahannya masih begini besar,” kata Edy.

Edy juga meyakini, dengan kehadiran Presiden RI, Jokowi ke Sumut guna meresmikan dimulainya program Food Estate, 27 Oktober 2020, akan menjadi penanda awal mula dari konsep agrarisnya Sumatera Utara yang selama ini juga telah menjadi salah satu provinsi yang produktif di sektor pertanian.

“Doakan semoga besok (Selasa, 27 Oktober 2020) dibuka oleh Presiden (Food Estate),” katanya.

Untuk anggaran program ini, Edy mengatakan, bahwa sumber pendaan berasal dari gabungan APBD Sumut dan APBN Pusat, serta investor yang menanamkan modalnya pada bidang pertanian.

Dananya dari APBN dan APBD (Provinsi). Dan nanti ada bantuan dari investor yang menanamkan modalnya untuk pertanian dan peternakan, berupa kerbau dan sapi,” katanya.

Usai meninjau lahan Food Estate, Edy juga melihat kesiapan lainnya, yaitu penerimaan sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi kepada masyarakat.AGEN POKER TERPERCAYA

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah menegaskan bahwa pihaknya juga telah mempersiapkan pengamanan agenda kunjungan Jokowi ke Humbahas.

Baik untuk jalur kunjungan mulai dari Bandara Silangit hingga ke dua lokasi lain akan dilakukan pengamanan ketat.

Kemudian, masyarakat juga diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan, yakni mewajibkan penggunaan masker, penyiapan tempat mencuci tangan atau cairan pembersih, serta mengatur jarak saat acara berlangsung.

Hingga Senin (26/10) sore, persiapan akhir terus dilakukan untuk menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Humbahas, tempat dimulainya program Food Estate pertama di Indonesia.

Dengan ini akan di kontrol oleh gubernur sumut lahan yang akan di tanamin sayuran pokok yang akan di kirim ke luar pulau sumatera seperti mengirimkan bahan pokok ke sejumlah daerah jawa dan daerah lainnya, untuk mengantisipasi kekurangan bahan pangan seluruh indonesia.

Dan sisa dari kebutuhan tersebut akan di ekspor ke berbagai negara yang kekurangan bahan pangan dengan harga berkualitas dan kwantitas tinggi.

Selama ini di Indonesia tidak mengantisipasi kekurangan bahan pangan dan hanya menerima bahan pangan dari berbagai negara pemasok bahan pangan selama ini, dan sekarang presiden RI Jokowi meninjau lahan lahan yang akan di suport oleh pemerintah pusat yang akan di tanamin berbagai jenis bahan pangan.

Kedepan nya Presiden RI jokowi juga akan membuka lahan untuk membesarkan budidaya ikan dan peternakan hewan seperti sapi dan lembu dan lain sebagai nya. AGEN POKER ONLINE

Untuk mencapai kesuksesan tersebut maka sangat di harap gubernur sumut membantu mengontrol sistem kerja yang sudah di terapkan oleh presiden RI jokowi.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *