Relawan Menjadi Kerinci Percobaan Obat Corona

Relawan Menjadi Kerinci Percobaan Obat CoronaRelawan Menjadi Kerinci Percobaan Obat Corona

BERKAHPOKER Antusiasme masyarakat terhadap kehadiran vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech cukup tinggi. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang mendaftar menjadi relawan uji klinis fase ketiga di Bandung, Jawa Barat.

Jumlah relawan yang dibutuhkan oleh tim riset Universitas Padjadjaran (Unpad) sebenarnya hanya 1.620 orang saja, namun jumlah pendaftar ternyata membludak lebih dari 2 ribu orang. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Uji Klinis Vaksin Covid-19 Unpad, Rodman Tarigan. Pendaftaran peserta uji klinis dibuka sejak 27 Juli hingga 31 Agustus 2020.

Muhammad Andika atau yang akrab disapa Dika tidak mau melewatkan kesempatan tersebut. Mahasiswa semester akhir salah satu universitas swasta di Bandung itu memutuskan untuk menjadi relawan uji klinis vaksin Sinovac. Ia mendaftar pada tanggal 13 Agustus 2020 melalui WhatsApp RSUP Hasan Sadikin Bandung. Ia mendapatkan informasi mengenai persyaratan pendaftaran dari internet.

Dari twitter sih awal taunya. Dari awal dibuka (pendaftarannya) kan sudah ramai tuh (beritanya). Apalagi pas orang-orang penting di Bandung pada daftar juga,” ujar Dika saat dihubungi Merdeka.com, Selasa 1 September 2020.

Dika mengaku, butuh waktu cukup lama untuk memberanikan diri menjadi relawan vaksin buatan China ini. Bahkan tidak terbesit sama sekali di pikirannya. Saat ia membaca persyaratan pendaftaran, ia merasa dirinya memenuhi syarat, namun masih banyak keraguan dan ketakutan di dalam dirinya. Ia mengaku takut jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Takut sih awalnya. Takut banget malah. Apalagi di twitter dibecandainnya kaya gitu kan. Kesannya yang jadi relawan tuh kelinci percobaan,”kata dia.

Selain itu, pria berusia 22 tahun itu juga mengaku takut bila ternyata hasil test kesehatan sebelum disuntik vaksin, menunjukkan bahwa dirinya merupakan pasien Covid-19 ataupun pernah kontak erat dengan pasien Covid-19.AGEN POKER TERPERCAYA

Iya takutnya kan malah pas diperiksa, ternyata saya yang positif Covid atau ternyata punya penyakit apa gitu, tapi ya bismillah aja deh sehat,” ujarnya.

Ketakutan yang ia pikirkan selama dua minggu itu pun hilang juga saat dirinya dinyatakan lolos kriteria relawan vaksin Sinovac. Kriteria yang harus dipenuhi pertama adalah usia. Hanya boleh berusia antara 18 sampai 59 tahun, kemudian, syarat yang dikeluarkan oleh tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Unpad yaitu relawan harus sehat dan tidak sedang hamil. Tertulis bahwa, relawan tidak boleh punya riwayat penyakit apapun. Penderita asma, diabetes, tumor, ginjal, hati, jantung, epilepsi, penyakit kelainan syaraf lain dan penyakit kelainan darah lainnya tidak diperbolehkan mendaftar.

Selain itu, seseorang yang memiliki gangguan sistem imun dan yang punya riwayat alergi terhadap suatu vaksin bisa dipastikan tidak lolos menjadi relawan vaksin. Suhu tubuh juga harus normal. Selain itu, relawan juga harus tinggal di Bandung dan tidak berencana pindah dari Bandung selama penelitian vaksin Sinovac ini belum selesai. Hal ini dikarenakan, para relawan yang sudah disuntikkan vaksin akan selalu dicek kondisi kesehatannya secara berkala selama enam bulan.AGEN POKER ONLINE

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *