Lebanon Naikan Harga Bahan Bakar Minyak Agar Mencegah Kekosongan Yang Terjadi

BERKAHPOKER Harga bahan bakar di Lebanon meningkat setelah para pemimpin negara itu pada Sabtu lalu memutuskan untuk mengubah nilai tukar yang digunakannya untuk menentukan harga produk minyak. Langkah ini diambil guna menekan kekurangan pasokan yang melumpuhkan negara itu.

Langkah pemerintah ini diyakini akan menambah beban negara yang telah mengalami lonjakan angka kemiskinan akibat krisis keuangan yang berlangsung selama dua tahun terakhir tersebut. Selama krisis ini, nilai pound Lebanon telah rontok lebih dari 90 persen.

Keputusan itu dibuat pada pertemuan darurat mengenai krisis bahan bakar, yang telah membuat Lebanon terperosok dalam kekacauan, mengalami kelumpuhan layanan dasar dan mengalami keributan karena orang-orang berebut bahan bakar. Pertemuan Sabtu kemarin dihadiri oleh presiden, gubernur bank sentral dan pejabat lainnya.

1. Harga minyak melonjak 70 persen

Mengutip angka resmi, harga bahan bakar di Lebanon telah melonjak hingga 70 persen setelah pemotongan subsidi oleh pemerintah.

Harga hidrokarbon di Lebanon sekarang dilaporkan telah naik sekitar tiga kali lipat dalam dua bulan, sejak bank sentral mulai mengurangi dukungannya untuk impor. Langkah terbaru ini juga diperkirakan akan menyebabkan kenaikan harga untuk komoditas utama lainnya.

Menurut daftar harga yang dimuat oleh Kantor Berita Nasional, harga bensin beroktan 98 dan 95, keduanya naik sekitar dua pertiga pada Minggu, dari 11 Agustus. Sementara harga mazout (minyak bakar), turunan bensin yang banyak digunakan, melonjak 73 persen selama periode yang sama, dan harga gas untuk memasak naik setengahnya.

Harga ketiga bahan bakar tersebut telah naik tiga kali lipat sejak Juni.

2. Kekacauan melanda Lebanon

Kekacauan telah terjadi di negara itu akibat kekurangan minyak. Beberapa kali bentrokan melanda negara itu, menyebabkan sedikitnya tiga orang tewas. AGEN POKER TERPERCAYA

Sebelumnya pada akhir pekan lalu, ledakan tangki bahan bakar di utara negara itu telah menewaskan sedikitnya 30 orang.

Akibat kenaikan harga terbaru, sekarang sebanyak lebih dari tiga perempat populasi negara itu dilaporkan hidup dalam kemiskinan.

3. Iran siap mengirim lebih banyak bahan bakar

Menanggapi kondisi ini, Iran pada Senin mengatakan pihaknya siap untuk mengirimkan lebih banyak bahan bakar ke Lebanon jika diperlukan. Pernyataan ini disampaikan sehari setelah pemimpin kelompok Hizbullah Lebanon yang bersekutu dengan Iran mengatakan lebih banyak kapal yang membawa bahan bakar Iran akan segera berlayar untuk membantu meringankan kekurangan bahan bakar negara itu.

“Kami menjual minyak kami dan produknya berdasarkan keputusan kami sendiri dan kebutuhan teman kami. Iran siap mengirim bahan bakar lagi ke Lebanon jika diperlukan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh dalam konferensi pers mingguan online.

Tentu saja kita tidak bisa melihat penderitaan rakyat Lebanon. AGEN POKER ONLINE

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *